Jadwal Kereta Api Kalijaga dan Harga Tiket 2019

jadwal-kereta-kalijaga

Jadwal Kereta Kalijaga Terbaru 2019 – Kereta Api Kalijaga merupakan kereta kelas Ekonomi yang beroperasi di bawah naungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan beroperasi di Pulau Jawa dengan rute jurusan Stasiun Semarang Poncol - Stasiun Balapan Solo. Sekedar informasi, adanya Kereta Api Kalijaga ini juga merupakan pengganti dari Kereta Api Pandanwangi dan Kereta Api Banyubiru yang sudah uzur.

Setiap harinya Kereta Api Kalijaga ini membawa hingga 7 kereta kelas ekonomi dengan rangkaian milik dari Kereta Api Bengawan yang beroperasi pada sore hari. Kereta Kalijaga ini melewati beberapa stasiun dimulai dari Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Brumbung, Stasiun Kedungjati, Stasiun Gundih, Salem dan Stasiun Balapan Solo.

Asal Usul Nama Kereta Api Kalijaga

Nama kereta ini tentunya sudah tidak asing lagi khususnya bagi masyarakat di Pulau Jawa. Karena nama Kalijaga ini merupakan nama dari salah satu Walisongo yang sangat terkenal yakni Sunan Kalijaga. Dipilihnya nama Kalijaga ini sudah pasti memiliki arti yang spesial, karena jika dilihat dari artinya saja Kalijaga memiliki arti “Menjaga Tradisi” dan itu berarti Kereta Api Kalijaga juga memiliki motto yang sama yakni menjaga tradisi khususnya di Kota Solo dan Semarang yang tak lain merupakan jurusan kereta api pertama di Pulau Jawa dan di Indonesia.

Sejarah Kereta Api Kalijaga

Kereta Api Kalijaga ini sebenarnya merupakan kereta pengganti dari Kereta Api Jonglosemar yang sebelumnya juga menggunakan rangkaian milik Kereta Api Bengawan yang membawa sebanyak 7 gerbong kereta api dan menampung hingga 636 penumpang setiap harinya. Kereta Api Kalijaga ini diluncurkan pertama kali pada tanggal 15 Februari 2014 dengan tarif awal sebesar Rp. 25.000 oleh Wakil Menteri Perhubungan, Bapak Bambang Susantono bersama dengan Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo dan Walikota Surakarta F.X Bapak Hadi Rudyatmo.

Kereta Api Kalijaga ini hampir saja dihentikan operasionalnya, dikarenakan keuntungannya tidak sesuai dengan biaya operasional jalur lintas ini. Mengatasi hal tersebut PT Kereta Api Indonesia kemudian mengajukan public service obligation sehingga harga tiket Kereta Api Kalijaga ini pun naik menjadi Rp. 10.000 per orang.


Salah satu alasan mengapa Kereta Kalijaga masih terus ada hingga saat ini dikarenakan juga permintaan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang menginginkan KA Kalijaga tetap ada untuk bisa menghubungkan kota-kota besar di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bagi yang ingin mengetahui informasi lengkap mengenai jadwal Kereta Api Kalijaga terbaru 2019. Di bawah ini kami bagikan informasi selengkapnya untuk anda para penumpang setia KA Kalijaga.

Jadwal Kereta Api Kalijaga Terbaru 2019

KA 409 Kalijaga Rute Solo Balapan - Semarang Poncol
Nama Stasiun
Kedatangan
Keberangkatan



Solo Balapan
-
05:20



Salem
05:41
05:43



Gundih
06:08
06:12



Kedungjati
07:02
07:05



Brumbung
07:34
07:37



Semarang Tawang
07:55
08:08



Semarang Poncol
08:15
-



KA Kalijaga 410 Rute Semarang Poncol – Solo Balapan
Nama Stasiun
Kedatangan
Keberangkatan



Semarang Poncol
-
09:00



Semarang Tawang
09:07
09:10



Brumbung
09:28
09:31



Telawa
10:00
10:03



Gundih
10:53
10:57



Salem
11:21
11:23



Solo Balapan
11:44
-



Fasilitas Kereta Api Kalijaga

Kereta Kalijaga ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas penting diantaranya adalah 44 tempat duduk tegak lurus yang disusun 3-2 sehingga bisa ditempati untuk 106 penumpang. Selain itu ada juga beberapa fasilitas lain seperti fasilitas katering, fasilitas observasi, toilet, alat pemadam kebakaran, rem darurat dan pendingin udara (AC).

Demikianlah informasi mengenai Jadwal Kereta Api Kalijaga Terbaru 2019 lengkap beserta harga tiket dan fasilitasnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi penumpang yang akan menggunakan KA Kalijaga ini. Terimakasih.
Comments


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.